Tips Kesehatan Gejala Penyakit Asam Urat dan Pantangannya

Tips Kesehatan Gejala Penyakit Asam Urat dan Pantangannya - Asam Urat merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang saat usia dini. Penyakit ini bisa menjadi momok tersendiri bagi pengidapnya, untuk itu artikel kali ini akan membahasa info seputar penyakit asam urat. Sumber dari penyakit asam urat, Penyebab penyakit asam urat, gejala penyakit asam urat, pantangan saat sakit asam urat dan perbedaan asam urat dengan rematik. Berikut ulasannya.

Pantangan Penyakit Asam Urat

gejala dan pantangan penyakit asam urat

Gejala Penyakit Asam Urat

Sumber Penyakit Asam Urat
Penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan dari sisa metabolisme zat purin yang bersumber dari sisa makanan yang kita makan sehari-hari. Zat purin sendiri adalah zat yang berada dalam setiap makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup seperti sayuran atau daging. Karena setiap kita makan terdapat sayur atau daging dari makhluk hidup, artinya zat purin pun ikut berpindah ke dalam tubuh kita.

Penyebab Penyakit Asam Urat
Pada setiap manusia sejatinya memiliki asam urat di dalam tubuh, dikarenakan disetiap metabolisme normal dihasilkan asam urat. Padahal pemicu tingginya kadar asam urat dalam tubuh berasal dari makanan dan senyawa lain yang banyak mengandung zat purin. Sejatinya, tubuh kita telah menyediakan 85% zat senyawa purin untuk kebutuhan tiap harinya. Ini berarti kebutuhan purin dari makanan hanya boleh sekitar 15% saja.
Penyakit ini merupakan akibat dari mengkonsumsi zat purin yang berlebihan. Purin diolah oleh tubuh menjadi asam urat, tetapi apabila kadar asam urat berlebih, ginjal tidak dapat mengeluarkan sehingga terbentuk kristal asam urat menumpuk dipersendian. Akibatnya sendi akan terasa nyeri, meradang dan bengkak.

Perbedaan Asam Urat dengan Rematik
Tidak sedikit orang yang tidak mengerti perbedaannya dan menyangka bahwa asam urat sama dengan rematik. Asam urat memang termasuk jenis rematik, namun rematik belum pasti asam urat. Untuk lebih jelasnya, ada baiknya segera dilakukan pemeriksaan dokter agar mendapat penanganan yang tepat dan tidak salah sangka.

Pantangan Asam urat
- Makanan yang mempunya kadar purin tinggi antara lain terdapat pada kelompok jeroan (organ dalam) seperti hati, ginjal, babat, paru, usu, limfa dan otak
- Kelompok makanan siap saji berkemasan seperti daging, kornet, telur, kaldu instan dan lainnya.
- Makanan yang mengandung alkohol didalamnya seperti anggur, tapi, luak dll dan minuman fermentasi
- Makanan dari kacang-kacangan dan kedelai seperti oncom, taucho, susu kedelai, kacang hijau, emping dan melinjo
- Kelompok sayuran seperti daun bayam, daun singkong, asparagus, bunga kol, buncis dan daun kangkung.

Pengobatan Penyakit Asam Urat
Tidak hanya menghindari penyebab atau yang menjadi pantangannya saja, kita juga harus tau cara mengobati asam urat. Berikut ulasannya :
- Pada orang yang mempunyai berat bedan berlebih, asam urat biasanya naik sedang yang dikeluarkan sedikit, maka akan lebih aman untuk menurunkan berat badan.
- Banyaklah minum air putih, karena air putih menyehatkan dan dapat membantu membuang zat purin yang menumpuk di dalam tubuh kita.

Demikianlah tips kesehatan kali ini tentang gejala dan pantangan penyakit asam urat. Semoga Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.