Kesehatan Mental Cara Menghilangkan Mengatasi Stress dan Depresi Dengan Mudah

Kesehatan Mental Cara Menghilangkan Mengatasi Stress dan Depresi Dengan Mudah - Stress dapat terjadi pada siapa saja, tidak peduli apa jenis kelaminannya dan berapa umurnya, kesehatan mental dapat terganggung karena banyak faktor. Stres adalah suatu kondisi yang dapat terjadi karena tekanan yang melebihi kemampuan seseorang secara psikologis yang menyebabkan tindakannya menjadi kurang terkendali secara sehat dan terganggunya sistem metabolisme tubuh kita yang menyebabkan mudahnya terkena berbagai macam penyakit.

Stress mudah terjadi kepada orang-orang yang perasa, rendahnya percaya diri, temperamental, perfeksionis dengan pemicu-pemicu seperti beban fisik yang diterima, ketidakpuasan pada hasil yang didapat, kehilangan sesuatu, kekahwatiran yang berlebihan maupun kegagalan, sehingga dapat dengan mudah menimbulkan stress yang berkepanjangan.

Kesehatan Mental

Tips Menghilangkan Stress

Cara Mudah Menghilangkan Stress Dengan Cepat

Berikut adalah tips cara menghilangkan stress dengan mudah :

1. Pijat
Pijat dua kali seminggu selama 15 menit saja dapat menurunkan tingkat stress dan menenagkan sistem pada syaraf, fakta tersebut didapat dari laporan Internasional Journal of Neuroscience. Bahkan, cara lain yang lebih mudah adalah dengan menggerakkan bola tenis di sekitar jari-jari tangan, hal ini mampu memberikan dampak yang sama dengan diberikan pijatan.

2. Menulis
Hasil penelitian tahun 2010 yang diterbitkan pada Anxiety, Stress, & Coping menghasilkan bahwa menulis perihal sesuatu yang membuat stress atau depresi selama 20 menit dalam 2 hari dapat menurunkan kadar stress. Menuliskan perasaan pada kertas juga dapat membantu melewati perasaan tidak nyaman, perasaan buruk dan mengatasi emosi negatif dalam diri seseorang.

3. Minum Teh Hitam
Seseorang yang meminum teh hitam 4 cangkir sehari dalam kurun waktu 6 minggu diketahui dapat mengatasi stress secara lebih cepat dan memiliki tingkat hormon cortisol yang lebih rendah ketika mengalami stress, berdasarkan penelitian dari Universitas College London. Antioksidan serta senyawa kimia yang terdapat dalam teh hitam dapat membuat seseorang merasa santai dan membuat tenang syaraf otak.

4. Mengunyah Permen Karet
Pada penelitian di negara Autralia dan Inggris, diketahui bahwa ketika mengalami stress, mengunyah permen karet dalam 10 menit dapat mengurai rasa cemas dan menurunkan kadar hormon cortisol pada air liur hingga delapan belas persen.

5. Hindari Teknologi
Hasil penelitian di University of California, Irvine, dan peneliti US army menghasilkan bahwa melakukan pemeriksaan email setiap saat dapat menyebabkan stress. Jadi ketika kita merasa stress, lebih baik kurangi berkomunikasi dengan teknologi atau handset lainnya. Contohnya membuka jejaring sosial, memeriksa email atau hal lainnya minimal selama 45 menit.

6. Mendengarkan Musik
Musik mampu meningkatkan emosi positif dan menurunkan kadar hormon stress seseorang. Penelitian di Journal of Advanced Nursing menghasilkan bahwa pasien yang mendengarkan alunan lagu pilihan mereka selama 30 menit, lebih tenang ketika akan menghadapi operasi. Bergerak sesuai dengan nada irama lagu juga semakin menambah emosi positif dan memicu terbentuknya hormon kebahagiaan yaitu endorfin.

7. Membersihkan Rumah
Kebiasaan untuk membersihkan rumah dapat menurunkan ketegangan dalam pikiran seseorang. Orang seringkali mudah tenang dan teralihkan saat melakukan kebiasaan yang dilakukan berulang kali seperti mengepel, menyapu dan lainnya. Cara Seperti itu secara ampuh dapat membuat tubuh tenang.

Walaupun penyakit stress ataupun depresi adalah sebuah kejadian yang wajar, namun ada baiknya segera diatasi sedini mungkin untuk menghindari terjadinya stress yang berkepanjangan. Sebab saat seseorang stress maupun depresi, dapat memicu berbagai penyakit seperti maag atau oebsitas.

Itulah beberapa tips-tips kesehatan untuk cara menghilangkan dan mengatasi stress dan depresi dengan mudah. Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.